Firman Allah swt, “Dan kamu sempurnakanlah Haji dan Umrah kerana Allah” (Al-Baqarah : 196).
Firman Allah swt, “Dan Allah mewajibkan ke atas manusia untuk mengerjakan Haji di Baitullah (Kaabah) bagi sesiapa yang mampu pergi ke sana” (Ali Imran : 97).

Khamis, 19 Ogos 2010

Do'a Tawaf Wada' dan Sesudahnya

Pelaksanaan Tawaf wada' sebanyak 7 kali putaran mengelilingi Ka'bah sebagai berikut :

Putaran pertama

Putaran pertama dimulai dari hajar Aswad sampai rukun yamani dengan membaca do'a sebagai berikut: "Bismillaahi Allaahu Akbar subhaanallaahi walhamdulillaahi walaa ilaaha illaallahu wallaahu Akbar walaa hawla walaa quwwata illaa billaahil 'aliyyil 'azhiim Wshsholaatu wassalaamu 'ala rosuulillaahi shollallaahu 'alaihi wasallam. Allaahumma iimaanan bika watashdiiqon bikitaabika wawafaa an bi'ahdika wttibaa'an lisunnatin nabiyyika muhammadin shollullahu 'alaihi wasallam innallazii farrodho 'alaikal qu'aana lroodduka ilaa ma'aadin yaa mu'iidu a'idnii yaa samiiu asmi'ni yaa jabbaarujburnii yaasattaausrunii yaarohmaanurhamnii yaa roddaadurdudnii ilaa baitika hazaa warjuqniil 'wda tsummal'awda karrootin ba'da marroonin taaibuuna 'aabiduuna saaihuuna lirobbinaa haamiduuna shodaqollaahu wa'dahu wanashoro abdahu wahajamal ahjaaba wahdahu. Allaahummahfadhnii 'an yamiinii wa'anysaarii wamin quddamii wamin warooindhohrii wamin faqii wamin tahtii hattaa tuwasholanii ilaa ahlii wabaladii. Allaahumma huwwin 'alainaassafaro waathuwi anaal ardho. Allaahumma ash hibnaa wii safarinaa wkhlufnaa bii ahlinaa yaa arhamarroohimiin wayaarobbal'aalamiina".

Artinya : Bismillah, Allaahu Akbar. Maha Suci Allah dan segala puji hanya kepada Allah jua, tiada Tuhan yang disembah selain Allah dan Allah Maha Agung, tiada daya dan upaya dan tiada kekuatan jika tidak dengan Allah yang Maha Tinggi lagi Besar dan Mulia. Selawat dan Salam bagi junjungan rasul Allah SAW. Ya Allah sesungguhnya kami beriman kepada-Mu dan kami membenarkan kitab-Mu, memenuhi janji-Mu dan karena menuruti sunnah Nabi-Mu Muhammad SAW. Sesungguhnya Tuhan yang menurunkan Al-qur'an itu pada-Mu niscaya memulangkanmu ke tempat kembali, wahai Tuhan yang Kuasa mengembalikan, kembalikanlah aku ke tempatku, Wahai Tuhan yang Maha Mendengar, dengarlah bicaraku, wahai Tuhan yang Maha Perkasa, perkasakanlah aku, Wahai Tuhan yang Maha pelindung tutupilah aibku, Wahai Tuhan Yang Maha kasih Sayang, sayangilah aku, Wahai Tuhan yang Maha Kuasa mengembalikan, kembalikanlah aku ke Ka'bah ini dan berilah aku rizqi untuk mengulanginya berkali-kali, bertobat dan beribadat, berlayar menurut jalan Tuhan kami sambil memuji Allah. Allah Maha menepati janji-Nya membantu hamba-Nya, menghancurkan sendiri tentara musuh-Nya. Ya Allah peliharalah aku ini dari kanan, kiri, depan dan belakang, dari sebelah atas dan bawah sampai Engkau menyampaikan aku ketempat ahli keluargaku dan ke kampung halamanku. Ya Allah mudahkanlah perjalanan kami dan kerutkanlah bumi ini untuk kami. Ya Allah kawanilah kami dalam perjalanan ini dan awasilah ahli keluarga kami wahai tuhan yang maha kasih sayang dan wahai Tuhan Yang Memelihara seru sekalian alam.

Putaran dari Rukun yamani sampai hajar Aswad membaca do'a : "Robbanaa aatinaa fiiddunyaa hasanatan wafiilakhiroti hasanatan waqinaa azaabannaar. Dapat ditambah : Wadkhilnaal jannata ma'al rbroor yaa 'aziizul yaa ghoffaaru yaa robbal 'aalamiina".

Artinya: Wahai Tuhan Kami, berilah kami kebaikan di dunia dan akhirat dan peliharalah kami dari siksa neraka. Artinya : Dan masukanlah kami ke dalam surga bersama orang-orang yang berbuat baik, wahai Tuhan yang maha Mulia, Maha pengampun dan Tuhan yang menguasai seluruh alam.

Do'a putaran ke 2 dan Seterusnya

Do'a putaran kedua sampai dengan ketujuh, gerakan dan do'anya seperti putaran pertama.

Do'a Sesudah Tawaf Wada'

Sesudah selesai tawaf wada' kemudian berdiri di multazam yaitu antara hajar Aswad dan pintu Ka'bah atau yang serah, lalu membaca do'a sebagai berikut : "Allaahumma innalbaita baituka wal'abda 'abduka wabnu 'abdika wabnu amantika hamaltanii 'alaa maa sakhkhortanii lii min kholqika hatta sayyartanii fii bilaadika wabalaghtanii bini'matika hatta a'antanii 'alaa qodhooi manaa sakika. Baain kunta rodhoita 'annii faazadud'anii rodhon waillaafamunnalaana qobla tabaa'adii 'anbaitika haazaa aawaanunshiroobii inazinta lii ghoiro mustabdilii bika walaa bibaitika walaarooghibin 'anka walaa 'an baitika. Allaahumma ash hibniil'aafiyata fii badanii wal'ishmata fii diinii wahusna munqolabii warzuqnii dhoo'atika abadan maa abqoitinii wajma'lii khoiroyiddunyaa wal aakhiroolahdi bibaitikalharooni wa inja'altahu aakhorol 'ahdi fa'awwidhnii 'anhuljannata birohmatika yaa arhamarroohimiin yaa robbal 'aalamiin".

Artinya : Ya Allah, rumah ini rumah-Mu, aku ini hamba-Mu anak hamba-Mu, yang lelaki dan hamba-Mu yang perempuan, Engkau telah membawa aku didalam hal yang Engkau sendiri mudahkan untukku sehingga engkau jalankan aku di negeri-Mu ini dan engkau telah menyampaikan aku dengan nikmat-Mu juga, sehingga Engkau menolong aku untuk menunaikan ibadah haji. Kalau Engkau rela padaku maka tambahkanlah keridhaan itu padaku. Jika tidak rela maka berlikan aku anugerah sebelum aku jauh dari rumah -Mu ini. Sekarang sudah waktunya aku pulang jika Engkau izinkan aku dengan tidak menukar sesuatu dengan Engkau (Zat-Mu) ataupun rumah-Mu, bukan benci pada-Mu dan tidak juga benci pada rumah-Mu. Ya Allah bekalilah aku ini dengan afiat pada tubuhku tetap menjaga agamaku, baik kepulanganku dan berilah aku taat setia pada-Mu selama-lamanya selama Engkau membiarkan aku hidup dan kumpulkanlah bagiku kebaikan dunia dan akhirat. Sesungguhnya engkau Maha Kuasa atas segala sesuatu. Ya allah janganlah Engkau jadikan waktuku ini masa terakhir bagiku dengan rumah-Mu. Sekiranya Engkau jadikan masa terakhir maka gantilah surga untukku dengan rahmat-Mu, wahai Tuhan Yang Maha kasih Sayang lebih dari segenap yang kasih. wahai Tuhan Pemelihara sekalian alam.

Tiada ulasan:

Catat Ulasan